KPU Kabupaten Kepulauan Anambas - Pemilu Jurdil

KPU Anambas Mobile

KPU Kabupaten Kepulauan Anambas - Pemilu Jurdil

Kepulauan Anambas ini terpilih menjadi kepulauan tropis terindah di Asia melalui pemilihan serius yang diadakan oleh CNN.COM

Kamis, 13 Agustus 2020 | 19:20 WIB | Pengumuman | Super Admin | 9 klik
Kepulauan Anambas ini terpilih menjadi kepulauan tropis terindah di Asia melalui...
Kepulauan nan indah ini terdiri dari 238 pulau dimana hanya ada 26 pulau saja yang dihuni manusia dan 212 pulau lainnya belum berpenghuni, termasuk 5 pulau terluar.

Kepulauan Anambas merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau tepatnya berada di Laut Cina Selatan antara Malaysia timur, barat dan juga Kalimantan. Kepulauan nan indah ini terdiri dari 238 pulau dimana hanya ada 26 pulau saja yang dihuni manusia dan 212 pulau lainnya belum berpenghuni, termasuk 5 pulau terluar. Selain tentunya terkenal karena keindahan alamnya, Kepulauan Anambas rupanya menyimpan banyak cadangan minyak bumi dan gas alam yang cukup besar dan kemudian diekspor ke beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Kepulauan Anambas ini terpilih menjadi kepulauan tropis terindah di Asia melalui pemilihan serius yang diadakan oleh CNN.COM pada tahun 2012 lalu, Kepulauan Anambas berhasil menduduki peringkat pertama setelah berhasil menggeser ke-4 pesaing lainnya yang tidak kalah indahnya yaitu Lankawi (Malaysia), Similand Islands (Thailand), Koh Cang (Thailand), dan Teluk Halong (Vietnam).

Beberapa Pulau yang menjadi destinasi wisata favorit di Kepulauan Anambas yang terdapat beberapa tempat wisata yang sangat indah dan eksotis :

  1. Pulau Penjalin adalah laguna memukau yang dapat Anda sambangi dari Tarempa. Lokasinya berada di Kecamatan Palmatak. Perairannya juga tenang dihiasi bebatuan yang bertebaran, Anda dapat berenang, snorkeling, atau berkano di sini. Pesisir pantainya begitu indah dengan pasir yang amat halus berkilauan.
  2. Pulau Selat Rangsang mempunyai pemandangan alam menawan dengan laguna dan pasir putih indah. Ada pepohonan rimbun dan pohon kelapa menghiasinya. Pesisirnya berair tenang sangat cocok untuk snorkeling, renang dan bermain sampan.
  3. Pulau Durai berukuran tidak seberapa besar namun begitu memesona apalagi di sana ada tempat konservasi penyu. Saat sore hari biasanya puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai menggali pasir pantai untuk bertelur.
  4. Pulau Bawah pernah disebut CNN.com sebagai pulau tropis terbaik di Asia. Di sana ada gugusan pulau kecil indah, yaitu: Pulau bawah (63,54 hektare), Pulau Sanggah (27,45 hektare), Pulau Elang (59,4 hektare), Pulau Merba (1,3 hektare), dan Pulau Lidi (1,13 hektare). Di tengah-tengah pulau-pulau tersebutlah laguna itu berdiam begitu indah. Anda dapat menaiki bukit untuk memotret keindahan laguna itu.
  5. Pulau Ayam di Anambas juga merupakan salah satu bagian dari Pulau yang indah di Anambas. Tidak ada sumber yang jelas kenapa dinamakan Pulau Ayam, konon katanya dinamai Pulau Ayam karena dari jauh sekilas bentuk Pulau ini sepertiayam. Anda bisa menuju ke Pulau Ayam ini dari Letung atau Tarempa denganmenyewa speed boat.
  6. Pantai Tanjung Momong dan Pasir Manang berlokasi di Pulau Siantan dekat dari Kota Tarempa dimana menawarkan lasekap alam memesona memadukan air laut yang jernih, hamparan pasir putih, serta terumbu karang. Pantainya dikepung hamparan bebatuan. Selain berenang, Anda dapat snorkeling atau sekadar berjalan-jalan di pinggir pantainya. Lokasi pantai ini cocok untuk fotografi baik terbit maupun terbenam Matahari.
  7. Di Pulau Siantan lokasi Kota Tarempa berada, Anda dapat menyusuri pulaunya untuk melihat Vihara Gunung Dewa dan Masjid Jamik yang berusia lebih dari 80 tahun. Teruskan pula menjelajahi pulau ini untuk melihat Air Terjun Temburun yang sangat memesona. Memiliki kontur berundak setinggi tujuh tingkat. Air terjun ini airnya langsung jatuh ke laut dan bila difoto dari sisi luar pulau begitu memukau.

Ada dua pilihan cara untuk menuju Kepulauan Anambas, yakni:

  1. Jalur laut: ada dua kapal yang melayani rute ke Kepulauan Anambas, yakni Kapal Pelni yang mempunyai jadwal keberangkatan dua minggu sekali serta Kapal Perintis yang memiliki dua rute sehingga waktu keberangkatannya tidak tetap. Jika menggunakan jalur laut biasanya memakan waktu selama 18-20 jam perjalanan.
  2. Jalur udara: Anda dapat memulai keberangkatan dari Tanjung Pinang maupun Batam menuju Bandara Natuna. Dari Bandara Natuna, Anda dapat menuju ke Matak menggunakan kendaraan darat yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju ke Tarempa di Kepulauan Anambas.

Lampiran

  1. kepulauan-anambas-ini-terpilih-menjadi-kepulauan-tropis-terindah-di-asia-melalui-pemilihan-serius-yang-diadakan-oleh_130820072026.pdf
    Download

Komentar Pengumuman