KPU Kabupaten Kepulauan Anambas - Pemilu Jurdil

KPU Anambas Mobile

KPU Kabupaten Kepulauan Anambas - Pemilu Jurdil

Didukung BIN, KPU Gelar Swab Test Bagi Staf dan Rekan Media

Jumat, 07 Agustus 2020 | 13:59 WIB | KPU dalam berita | Super Admin | 34 klik
Didukung BIN, KPU Gelar Swab Test Bagi Staf dan Rekan Media
Ketua KPU RI Arief Budiman yang sempat memantau jalannya swab test penularan Covid-19 khususnya dilingkungan kerja KPU RI.

Jakarta, kpu.go.id -- Pemeriksaan swab test berlangsung di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (4/8/2020). Bekerjasama dengan medical intelijen Badan Intelijen Negara (BIN), tes diikuti tidak hanya oleh staf dilingkungan KPU RI tapi juga oleh rekan-rekan media.

Ketua KPU RI Arief Budiman yang sempat memantau jalannya swab test menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan BIN dalam upaya mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 khususnya dilingkungan kerja KPU RI.

Arief mengatakan, usai salah seorang staf di KPU RI dinyatakan positif Covid-19 pada 20 Juli 2020 lalu, banyak pihak yang dengan responsif memberikan bantuannya kepada lembaganya. Mulai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta yang langsung datang ke Kantor KPU RI untuk melakukan disinfeksi ke seluruh ruangan kerja di KPU RI. Juga dari Gugus Tugas serta BIN yang juga datang untuk memberikan bantuan pemeriksaan swab test bagi seluruh pekerja yang ada di KPU RI. Total dari pemeriksaan swab test yang dilakukan oleh Gugus Tugas serta BIN 700-an pegawai dilingkungan KPU RI bisa mengikuti seluruh kegiatan swab test. "Maka saya patut memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dukungan ini," ucap Arief.

Arief mengakui dukungan ini sangat berharga di tengah kesiapan lembaganya menjalankan tahapan Pemilihan 2020. Terlebih pada pemilihan nanti akan melibatkan 270 daerah penyelenggara dengan jumlah pemilih sekira 106 juta orang. "Kalau kita bisa menangani dengan baik maka dapat menjadi contoh luar biasa bukan hanya kepentingan domestik tapi juga kepentingan internasional mereka bisa belajar dari Indonesia," lanjut Arief.

Koordinator Wilayah Sub Gugus tugas Covid-19 BIN, Sony Arifyanto mengatakan dukungan swab test bagi KPU RI merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Budi Gunawan. Untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya mengerahkan 2 mobil lab serta 30 tenaga medis. "Rencananya kami menggelar swab massal ini selama dua hari karena ditargetkan 500 lebih (pasien). Tentu pada pagi ini kita melakukan swab pertama, saat ini sudah diambil sekitar 203 total sampel yang diambil," jelas Sony. (hupmas kpu ri dianR/foto: dosen-dessy/ed diR)

Komentar Berita